Kenali 8 Penyebab Dada Sesak Menurut SehatQ.com

02.45

Dada yang terasa berat saat bernafas merupakan salah satu hal yang membuat ketidaknyamanan dalam beraktivitas. Dada sesak ini dapat menjadi penghalang seseorang dalam melakukan segala jenis kegiatan yang dilakukan. Dalam kata lain, dada sesak diartikan sebagai kesulitan bernapas atau sesak napas. Selain dada terasa berat, ada beberapa gejala lain yang menandakan sesak napas seperti adanya sensasi terbakar, seperti ditindih, hingga adanya sensasi tertusuk. Beberapa gejala tersebut harus segera diatasi dan mencari tahu apa saja penyebab dada sesak.

Dada sesak jika tidak segera diatasi akan berujung pada penyakit yang lebih parah lagi, seperti serangan jantung. Bahkan beberapa pendapat menyebutkan bahwa dada yang terasa sesak merupakan gejala awal dari serangan jantung ini. Pada kenyataannya, dada sesak disebabkan oleh berbagai masalah fisik dan mental.

Sebenarnya dada sesak dapat disebabkan oleh banyak faktor, untuk mengetahui apa saja penyebab dada sesak berikut ini adalah informasi yang telah terangkum dari website penyedia layanan kesehatan terbaik yaitu SehatQ. Yuk simak informasinya.

8 Penyebab Dada Sesak yang Wajib Anda Ketahui

Beberapa penyebab dada terasa sesak berikut ini merupakan informasi yang telah dirangkum dari sehatq.com. Inilah informasinya.

1. Sering Merasa Cemas

Dada terasa sesak dan berat bisa jadi disebabkan oleh kebiasaan Anda yang sering mengalami kecemasan. Kecemasan merupakan salah satu gangguan mental yang mengakibatkan Anda sering merasa gelisah, khawatir yang berlebihan, dan tegang. Selain beberapa dampak mental tersebut, ternyata kecemasan dapat menimbulkan masalah fisik seperti dada sesak ini.

2. Depresi

Dada yang sesak bisa terjadi karena depresi. Depresi merupakan penyakit mental yang juga akan mempengaruhi kondisi fisik. Seiring memburuknya kondisi depresi yang Anda derita akan semakin besar pula kemungkinan untuk merasa sesak dada.

3. GERD

GERD adalah penyakit refluks asam lambung atau yang biasa dikenal dengan sebutan asam lambung naik. Meskipun sebagian besar manusia pernah mengalami GERD, tetapi jangan diacuhkan karena pada saat asam lambung naik tersebut dada Anda akan terasa sesak. Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan pengobatan saat GERD ini kambuh.

4. Otot Tegang

Penyebab sesak napas tiba-tiba selanjutnya ini karena otot yang tegang. Otot yang paling menonjol dalam kasus ini adalah otot interkostal, dan hal ini bisa terjadi ketika Anda sedang melakukan peregangan sehingga menekan tulang rusuk. Selain itu, bisa jadi karena melakukan aktivitas fisik yang berat, hal ini akan mengakibatkan dada sesak.

5. Angina

Mungkin sebagian orang masih belum mengetahui apa itu angina. Angina akan terjadi ketika otot jantung tidak mendapatkan darah yang cukup dan menyebabkan dada sesak. Angina merupakan gejala dari penyakit arteri koroner dan bisa menimbulkan efek lainnya seperti nyeri leher, punggung, lengan, bahu, dan rahang.

6. Pneumotoraks

Penyebab dada sesak yang selanjutnya ini terjadi ketika salah satu paru-paru Anda mengalami kolaps. Jika hal ini terjadi udara akan bocor ke ruang yang ada di antara paru-paru hingga dinding dada. Selain menyebabkan dada sesak, ternyata pneumotoraks bisa menyebabkan cedera dada yang traumatis.

7. Emboli Paru

Dada sesak juga bisa disebabkan karena emboli paru yang terjadi ketika arteri paru-paru tersumbat dan menghasilkan gumpalan darah. Tentunya hal ini akan menyebabkan dada sesak hingga bisa membahayakan nyawa Anda.

8. Pneumonia

Bukan hal aneh lagi jika penyakit yang satu ini menjadi salah satu penyebab dari dada yang terasa sesak. Pneumonia merupakan infeksi paru yang terjadi akibat peradangan kantong udara yang dipenuhi oleh cairan atau nanah.

Nah, itulah 8 penyebab dada sesak yang diharapkan menjadi kewaspadaan bagi Anda agar terus menjaga kondisi badan agar tetap sehat.

0 komentar