Tindakan yang Bisa Dilakukan untuk Pemulihan Pasca Stroke di Rumah

11.05


Stroke masuk dalam salah satu kategori penyakit kritis yang tidak bisa dianggap sepele. Dampaknya sangat luar biasa bagi kehidupan manusia. Bila sudah fatal stroke juga bisa menyebabkan kematian. Namun bila nyawa masih bisa tertolong terkadang stroke juga bisa berakibat pada tubuh yang tidak bisa berfungsi kembali dengan normal. Lalu apa yang perlu dilakukan supaya bisa terhindar dari penyakit stroke? Sangat banyak salah satunya adalah dengan menjaga pola hidup sehat. Karena tidak menutup kemungkinan stroke bisa menyerang berbagai usia, mulai dari yang muda sampai tua. Selain itu, bila sudah terkena stroke biaya yang dibutuhkan untuk perawatan di rumah sakit selama sakit juga tidak sedikit. Ditambah lagi terkadang juga ada beberapa tindakan pemulihan pasca stroke yang juga membutuhkan biaya yang cukup banyak. 

Bila seseorang sudah terkena stroke terkadang akan memiliki pemikiran yang cukup pendek yakni seperti misalnya adalah hidupnya sudah tidak bisa normal kembali, harapan sembuh sudah tidak ada dan terkadang banyak yang menginginkan kematian daripada selamat tapi tubuh tidak bisa berfungsi dengan normal. Oleh karena itu, dalam memberikan penanganan kepada pasien penderita stroke memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan dan mesti ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. 

Penyakit stroke pada zaman dahulu memang identik dengan mereka yang sudah berusia lanjut. Namun jangan salah saat ini sudah banyak sekali mereka yang masih berusia muda sudah banyak yang terserang stroke. Kalau dilihat dari menyebabkannya banyak pakar kesehatan yang menyebutkan kenapa banyak anak-anak muda yang bisa terkena stroke karena pola hidup mereka yang tidak sehat. Suka begadang, minum alkohol, makan tidak sehat dan lain-lain. Bila sudah terkena stroke maka diperlukan pendampingan yang cukup serius. Dan di bawah ini adalah beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk pemulihan pada pasien stroke yang bisa dilakukan mandiri di rumah: 

Dampingi dengan sabar dan telaten 

Banyak yang memberikan ungkapan bahwa merawat pasien pasca stroke memang hampir mirip dengan merawat bayi yakni diperlukan kesabaran dan ketelatenan supaya pasien stroke bisa nyaman. Perlu diketahui bahwa pasien stroke memang mudah sekali emosi dan stress karena kondisi jiwa yang tidak stabil. Jadi jangan sampai Anda marah-marah pada pasien stroke saat mendampingi mereka karena bisa berdampak pada jiwa mereka dan penyakit akan lebih susah sembuh. 

Latih bergerak sedikit demi sedikit 

Orang yang sudah menderita stroke memang tidak bisa memiliki fungsi tubuh yang normal. Terkadang ada beberapa organ tubuh yang tidak bisa digerakkan secara normal dan tidak bisa berfungsi dengan baik. Jadi bila Anda saat ini sedang merawat dan mendampingi salah satu anggota keluarga yang kebetulan memerlukan tindakan pemulihan setelah stroke, ajari mereka sedikit demi sedikit untuk menggerakkan tubuh. Seperti contohnya latih menelan makanan dengan baik, dan sesekali ajak jalan tanpa menggunakan alat bantu kursi roda. 

Dengan memperhatikan beberapa tindakan yang perlu dilakukan pada pasien pemulihan pasca stroke di atas, nantinya juga akan sangat membantu Anda dan juga pasien untuk lebih cepat pulih kembali. Tindakan ini bisa dilakukan secara mandiri di rumah. Namun apabila kebetulan Anda tidak bisa melakukannya sendiri, jangan bingung karena Anda bisa memanfaatkan Aido Health sebagai jawaban atas masalah Anda. Anda dan pasien tidak perlu datang ke rumah sakit karena Aido menyediakan jasa perawatan pemulihan setelah stroke yang bisa dilakukan oleh perawat dan dokter di rumah Anda. 

0 komentar